Minggu, 15 Maret 2009

Antara "ngeleh" dan "ngelih"

Saya adalah pendatang di kota ini, Purwokerto.

Dan sepe
rti pendatang baru lainnya, hal yang terasa sangat berbeda adalah bahasanya.

Bingung. itu adalah kesan pertama yang saya dapati ketika memperhatikan, mendengarkan, dan terlibat langsung dalam percakapan orang2 Purwokerto..saya berbahasa Jawa juga sih, tapi Jawa Semarangan yang kata2 khas nya antara lain..
1. ik............."Rak ngerti ik"
2.ok............"Dudu aku ok"

3.his..........."Rak his!"

4.ngeri tok.."mosok to???ngeri tok!"
5.He'e........(dengan pengucapan "e" seperti dalam kata "edan") hihi...lucu memang...

Lucu..karena selama 21 tahun menetap di semarang,saya jadi tidak tahu bahasa2 dan logat2 orang luar semarang.dan ketika saya keluar dari semarang, saya baru sadar,ternyata saya sendiri pun mempunyai ciri khas sendiri dengan logat saya tersebut.


Seperti halnya english...englishpun ada banyak versi...dua di antaranya adalah UK english dan US english..alias bahasa inggris Inggris Raya dan bahasa inggris Amerika Serikat. Kata2nya sih sama, tapi logatnya beda buanget..lebih musingin UK English. Ga percaya..?

Coba aja liat movie nya...liat dan perhatikan.

Pasti akan terasa beda ketika kita mendengar logat bicaranya Angelina Jolie dalam "Tomb Raider" dengan Will Smith dalam "I am Legend" atau Daniel Radcliff dalam "Harry Potter" dan Josh Hartnett dalam "Hollywood Homicide".Atau malah anda samasekali ga peduli dengan semua itu..hanya ke cute an Josh Hartnett yang memenuhi otak anda.. :)

Ada cerita menarik mengenai logat banyumasan yang disebut ngapak. Ketika itu saya masih di kantor, dan tiba saat makan siang..seperti biasa.. saya mengeluh sedikit.."ngeLeh ik..." dan teman2 se ruang makan spontan menoleh ke arah saya..ada satu yang langsung interupsi, "ngeLeh?ngeLeh apa sih?".dan aku menjawab "Laper..."..dia pun mengerti...dan menjawab..."ooohhhh..ngeLih.."


Aku tertawa...betapa satu huruf pun bisa memberikan arti yang absurd..yah..itulah keanekaragaman manusia..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar